Breaking News

Visi dan Misi


 

Visi

Menjadi penyelenggara pendidikan bidang agroteknologi yang unggul guna menghasilkan lulusan yang cerdas, kompetitif dan berjiwa wirausaha pada tahun 2018

Program Studi Unggul: adalah program studi yang memiliki kepekaan tinggi terhadap perubahan perubahan lingkungannya; resisten terhadap segala bentuk ancaman baik yang datang dari dalam maupun yang datang dari luar; mampu bersaing secara sehat dengan lembaga pendidikan tinggi lain dan menghasilkan lulusan yang kompetitif di dunia kerja.

 Lulusan Cerdas dan Kompetitif: adalah lulusan yang cerdas secara komprehensif (Paripurna), yang meliputi cerdas spiritual, cerdas emosional, cerdas sosial, dan cerdas intelektual, yang dimaksud dengan lulusan yang kompetitif adalah lulusan yang mampu menunjukkan kompetensi dibidang ilmunya serta memiliki nilai juang dan daya saing yang tinggi di pasar kerja.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi bidang Agroteknologi agar dapat menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan, kemampuan, ketrampilan, dan memahami keadaan lapangan untuk pemecahan masalah nyata di lapangan, berwawasan luas dan memiliki komitmen pada profesi.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian bidang Agroteknologi untuk mendukung pengembangan ilmu pengetahuan/teknologi di bidang pertanian, khususnya teknologi pertanian yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.
  3. Melaksanakan transfer ilmu pengetahuan/teknologi yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan kepada masyarakat dalam rangka ikut mendorong percepatan peningkatan kesejahteraaan masyarakat

 Tujuan

  1. Mewujudkan sistem pembelajaran yang menjamin dihasilkannya lulusan yang cerdas dan kompetitif dengan indikator IPK tinggi, lulus tepat waktu, masa tunggu kerja pendek, serta memiliki bekal ketrampilan dan soft skill yang cukup.
  2. Mewujudkan terlaksananya pengembangan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang relevan dengan sistem pertanian berwawasan lingkungan dan berkelanjutan dan menghasilkan temuan yang inovatif dan produktif.
  3. Mewujudkan iklim kondusif yang menjamin terselenggaranya proses diseminasi hasil-hasil penelitian kepada masyarakat, guna mendorong pengembangan sistem pertanian berkelanjutan.
  4. Mewujudkan good governance di Program Studi Agroteknologi

Profil Lulusan

Program Studi Agroteknologi diselenggarakan untuk menghasilkan lulusan dengan profil  atau peran sebagai berikut:

  1. Pelaku dibidang pertanian atau bidang lain yang mendukung bidang pertanian.
  2. Manajer (planner, designer, organizer, evaluator, mediator) dari suatu usaha dibidang pertanian atau bidang lain yang mendukung bidang pertanian.
  3. Pengusaha (entrepreneur, initiator, adaptor, cooperator) dibidang pertanian atau bidang lain yang mendukung bidang pertanian.
  4. Peneliti, baik dilembaga-lembaga litbang pertanian, pusat-pusat penelitian atau pusat-pusat kajian pertanian, balai-balai penelitian, dan perguruan tinggi penyelenggaran pendidikan pertanian.
  5. Pendidik, yang meliputi: dosen di perguruan tinggi penyelenggaran pendidikan  pertanian, widyaiswara, dan guru sekolah kejuruan bidang pertanian.

 Kompetensi Lulusan

  1. Menguasai dasar-dasar ilmiah dibidang ilmu dan teknologi produksi tanaman, ilmu dan teknologi media tanam, pengelolaan organisme penggangu tanaman dan lingkungan, sehingga mampu mengidentifikasi, memahami, menjelaskan, mengevaluasi/menganalisis secara kritis dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada dalam cakupan bidang tersebut diatas.
  2. Mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan dibidang ilmu dan teknologi produksi tanaman, ilmu dan teknologi media tanam, pengelolaan organisme penggangu tanaman dan lingkungan di masyarakat.
  3. Bersikap dan berperilaku/berkarya dalam karier tertentu sesuai dengan norma kehidupan masyarakat.
  4. Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, dan teknologi dibidang produksi tanaman, media tanam, pengelolaan Organisme Penggangu Tanaman dan Lingkungan.